Sesuai Permintaan Teman subscriber maupun permintaan di Whatsapp saya.  Kali ini saya akan mereview keris pusaka yang menjadi koleksi pribadi saya. Dan pada kesempatan kali ini saya akan mereview keris sempaner atau keris sempana bener koleksi kesayangan saya.

Keunikan dari keris sempana ini yang pertama adalah dari sisi eksoterinya, yakni Sandangannya tarbuat dari kayu yang lumayan langak. Keunikan yng lainnya adalah keris ini memiliki gonjo iras/gonjo yang menyatu dengan bilah, tidak sambungan. Khasiat pusaka sempaner ini uyalah sebagai perlindungan bagi sang pemilik, bisa di lihat dari pamornya. Pamor Adegh Mbrambut. Konon menurut sejarah keris, Keris ini dimiliki oleh para petinggi kadipaten yang memimpin sebuah wilayah.

Tentang Dhapur Keris Sempaner Mataram

RM. Ashraff Sigid menuturkan, Keris dapur Sempaner (Sempana Bener) merupakan salah satu dapur Keris lurus yang banyak ditemukan, mulai dari tangguh sepuh sampai tangguh nom-noman. “Sempaner” merupakan singkatan dari kata “Sempana Bener” yang secara harafiah memiliki arti “Mimpi yang benar”.

Keris Sempaner memiliki ricikan: Kembang kacang, Tikel alis, Ri Pandan, ada juga yang memiliki Greneng, Jalen, dan Lambe gajah.

Makna ricikan:

• Kembang Kacang

Pada jaman dahulu kembang kacang pada ricikan Keris disebut juga tlale (belalai) gajah. Gajah/Ganesha merupakan lambang ilmu pengetahuan yang digambarkan selalu menghirup ilmu pengetahuan yang tiada habisnya dengan belalainya. Sekar kacang/Kembang kacang juga menyimbolkan adanya aktivitas tumbuh dan berkembang, kemudian berbuah.

  • Jalen merupakan simbol jalannya nafas yang terus menerus.
  • Lambe gajah merupakan simbol masuknya energi, motivasi dan niat.
  • Tikel Alis merupakan simbol sifat Manusia yang memiliki sisi baik dan buruk, dan keduanya harus dapat dikendalikan. Dalam menggapai harapan hendaknya dipertimbangkan pada sisi baik dan buruknya.
  • Greneng berbentuk Ron Dha (huruf Jawa:dha) atau kadang hanya berbentuk sederhana yang disebut Ri Pandan menyimbolkan suasana hati atau perasaan. Dari semua organ tubuh Manusia yang menentukan tingkat derajat Manusia yaitu dada (dha-dha).

Artikel Menarik:


Dalam rongga dada itulah terletak hati, bathin, perasaan, atau disebut “rasa”. Jika “rasa” seseorang baik, maka baiklah semua anggota tubuhnya, tapi sebaliknya jika “rasa” menjadi sakit maka sakitlah semua anggota tubuhnya. Rasa berarti merasakan sesuatu itu dalam segala dimensi. Rasa merupakan suatu keadaan yang hendak dicapai dalam diri seseorang terhadap sesuatu. Setiap orang memiliki “rasa” dengan eksistensi yang berbeda-beda, tergantung pada wawasan, pengetahuan, moral dan spiritual seseorang.

Seseorang yang dapat mencapai rasa yang lebih mendalam dengan sendirinya hidupnya akan berubah dari mulai sikap, pola pikir, dan juga perilakunya. Orang tersebut akan memiliki sikap-sikap lain yang lebih benar, serta yang lebih cocok dengan realitas sebenarnya.

Itulah yang bisa saya sampaikan tentang Keris Sempaner Mataram Gonjo Iras yang menjadi salah satu koleksi favorit saya. Semoga Artikel dan Video ini bermanfaat bagi kita semua. Bagi Anda yang ingin mendapatan ageman Keris sebagai simbol kewibawaan atau wasillah untuk tujuan Kelimpahan rejeki, Pergaulan dan Perjodohann. Silahkan kunjungi www.kolektorkeris.com

 1,064 total views,  1 views today